Minggu, 19 Januari 2014

Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya - Bila saat ini anda mempunyai pc yang hobbynya ngrestart sak karepe dewe (sendiri) mungkin beberapa tips ini mudah-mudahan bisa mengatasi masalah PC yang anda alami saat ini, Memang ini sangat menjengkelkan bila tiba-tiba pc-komputer yang kita pakai tiba2 restart dengan sendirinya sebelum pekerjaan kita selesai padahal data-datanya belum tersimpan :(,. Dalam menangani kasus pc restart sendiri ini memang gampang2 susah, ini juga tergantung pada kondisi Komputernya, bila komputer yang butut/jadul bisa dipastikan Hardwarenyalah yang sering membuat komputer restart sendiri, Tapi kalau komputer anda masih bisa di bilang baru, kebanyakan masalah ngrestart sendiri ini lebih banyak disebabkan oleh adanya virus atau software/program yang teristal di PC tersebut mengalami crash/bentrok dengan software yang lain. Nah berikut ini Beberapa masalah yang menyebabkan komputer restart sendiri dan cara penangannya.






7 PENYEBAB KOMPUTER SERING RESTART SENDIRI
1. Komputer Restart Karena Masalah Power Supply
Power supply sangat besar sekali perannannya dalam sebuah Pc, karena komputer tanpa sebuah Power suply ini tidak bisa berfungsi, untuk itu silahkan cek kondisi Power supply pada komputer anda. Bisa juga karena kinerja kipas pada power suply sudah tidak lagi optimal sehingga ini menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalam power suply tersebut menjadi terlalu panas sehingga akan mengurangi daya yang akan di salurkan kedalam komponen komputer terganggu/tidak optimal sehingga mengakibatkan Komputer anda Restar dengan sendirinya.
Cara Mengatasi Power supply
Buka power suply bersihkan semua debu yang menempel, dan cek kondisi kipas apakah masih bisa bekerja dengan optimal, bila kipas rusak silahkan ganti kipas yang baru, bila anda curiga penyebab restartnya komputer karena masalah power suply sudah tidak bisa maksimal karena Faktor usia, maka anda bisa ganti power suply yang baru, Untuk komputer saat ini, sebaiknya gunakan Power Supply yang benar-benar baik dengan daya minimal 500 Watt. karena Power Suply (PSU) ini sangat vital untuk komponen yang ada di dalam Pc/Komputer seperti, MotherBoard, Prosessor, Hardisk, Ram, Vga, Dll, Karena akibat kurangnya daya yang dibutuhkan oleh sistem hardware Pada komputer kita, maka akan sering kita temukan hardware yang rusak mendadak, komputer sering hang atau restart sendiri.


2. Komputer Restart Karena Ada Komponen Motherboard Yang Rusak
Kapasitor yang tidak baik atau melemah pada motherboard ini juga bisa mengakibatkan komputer anda akan sering restar sendiri. dan bila anda sudah mahir menyolder dan juga bisa memeriksa/memastikan kapasitor yang sudah lemah yang berada di sekitar procesor maka anda bisa mencobanya memperbaiki sendiri, Dan biasanya Kapasitor yang sudah lemah ini di tandai dengan menggelembungnya pada bagian atas kapasitor tersebut, bila anda bisa memastikannya silahkan ganti kapasitor tersebut dengan kapasitor yang baru dengan ukuran yang sama.


3. Komputer Restart Karena Processor Terlalu Cepat Panas
Pemakaian yang terlalu lama dan terlalu banyak membuka aplikasi ini akan menyebabkan prosesor menjadi cepat panas yang melibihi batas, dan ini mengakibatkan pc anda akan mudah restart dengan sendirinya. dan kalau pc anda masih terbilang baru bisa jadi penyebab prosesor cepat panas karena banyaknya kotoran/debu yang menempel pada pendingin dan Fan/kipas yang berada diatasnya pendingin tersebut sudah tidak bekerja secara optimal.
Cara Mengatasi Prosessor Yang Terlalu Cepat panas
Tapi sebelumnya pastikan komputer sudah terbebas dari arus listrik dari PLN, ( Biar Gak Kesetrum :)). Buka Casing Komputer anda, Lepaskan Pendingin prosesor tersebut, Kemudian bersihkan semua debu yang menempel dengan kuas cat yang kecil atau anda bisa menggunakan Penyedot debu. Dan sebelum anda memasang pendinginnya kembali berilah thermal paste pada prosesornya, hal ini berguna sebagai penghubung yang akan merekatkan bagian Processor dengan Pendingin tersebut. setelah anda pastikan benar-benar sudah bersih silahkan pasang kembali, dan pastikan terlebih dahulu bahwa Kipas pendingin prosesor tersebut masih bekerja dengan Baik. bila dirasa kinerja kipas sudah tidak optimal/rusak sebaiknya DILEMBIRU, ( di lempar beli yang baru :) )


4. Komputer Restart Karena Masalah Pada Memory
Memory adalah hal yang sangat penting, karena digunakan untuk menyimpan data yang akan di proses oleh Processor dan Vga Kerusakan pada memory ini juga bisa mengakibatkan komputer restart sendiri, dan juga bisa komputer anda tidak mau booting/menyala, Untuk memastikannya silahkan cek kondisi memory, kalau perlu ganti atau upgrade dengan memory yang baru. 
5. Komputer Restart Karena VGA Rusak
Vga rusak ini disebabkan karena Penggunanaan komputer yang terlalu lama dan minimnya pendingin yang ada didalam komputer anda, Untuk itu silahkan Cek Vga yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan layar monitor menjadi rusak. Untuk itu ada baiknya juga untuk mengecek komponen vga ini.


6. Komputer Restart Karena Hardisk Sudah Rusak
Hardisk adalah media penyimpanan yang sering mengalami kerusakan, untuk itu silahkan periksa hardisk anda, 
Silahkan cek pada BIOS apakah Hardisk masih di kenali. 
Jika masih dikenali oleh Bios, silahkan cek kabel data dan kabel power harddisk apakah sudah terpasang dengan benar
Bila hardisk masih terdeteksi kemungkinan ada format hardisk ada yang rusak 
Dan kemungkinan karena adanya bad sector didalam hardisk anda, karena ini dapat menjadi penyebab komputer hang dan selalu muncul pesan bluescreen of death atau komputer gak bisa booting dan restart terus-menerus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur.


7. Komputer Restart Karena Keyboard Rusak
Meskipun terlihat sepele ini bisa menjadikan komputer anda restart dengan sendirinya, saya pernah mengalaminya sendiri, keyboard ketumpahan air kopi, tapi tidak langsung saya bersihkan hanya saya lap dengan tisu, dan keesokan harinya saya menggunakan komputer tersebut dan komputer restart terus sebelum bisa saya gunakan, dan kemudian saya ganti dengan keyboard yang baru dan komputer bisa berjalan dengan normal kembali.


Setelah anda sudah memastikan bahwa tidak ada masalah pada Hardware atau Komponen yang terpasang di komputer anda atau dalam keadaan baik-baik saja, maka kemungkinan restartnya komputer karena adanya kerusakan pada Sistem Operasi (Os) dan Program/software yang terinstal di komputer anda. dan untuk artikel komputer sering restart sendiri karena Sistem Operasi dan Software2 yang terpasang akan saya lanjutkan pada kesempatan berikutnya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar